Friday 24 April 2015

Sub Menu Navigasi

Pengertian Menu navigasi 
 
     Navigasi adalah petunjuk posisi dan arah perjalanan. Di dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user yang sedang berada di dalam halaman tertentu tidak tersesat dan mudah menemukan halaman-halaman lain dalam website Anda.
Menu adalah bagian dari website yang berisi link-link utama yang mengarah pada halaman tertentu di sebuah website
Biasanya, pada sebuah website, navigasi tertampil pada menu dan link yang terstruktur. Seringkali, saat kita membuka sebuah website, kita merasa kesal karena tidak mendapatkan halaman website yang dicari dikarenakan navigasi yang ruwet dan tidak jelas.
    Selain itu dapat diartikan, Menu navigasi adalah sebuah fasilitas yang diberikan oleh si pemilik situs dimana didalamnya berisi sekumpulan link-link penting. Menu navigasi juga berfungsi sebagai pemandu kepada pengunjung agar dapat lebih mudah dalam menentukan kategori yang diinginkan tanpa harus bersusah payah mencarinya.
Menu navigasi dapat berbentuk mendatar (horizontal) atau menurun (vertical) juga dapat dibuat bercabang dengan sub menu (dropdown) atau tidak, tergantung kebutuhan dari situs tersebut 
Definisi Struktur Navigasi
    Menurut Kurniawan (2010:213) Pada pengembangan aplikasi berbasis web, tentunya dalam membuat lebih dari satu halaman web, bahkan bisa ratusan jika aplikasi yang dibangun kompleks. Oleh karenanya navigasi adalah fitur yang harus disediakan. Navigasi berfungsi untuk berpindah dari satu halaman ke halaman yang lain pada suatu aplikasi berbasis web, yang juga digunakan untuk memberikan informasi lokasi halaman yang sedang dibuka.
    Menurut Purnama (2004) Navigasi Web adalah bagian dari situs Web yang berguna untuk memandu pengunjung menjelajahi isi situs dan menghantarkan pengunjung pada isi yang mereka cari.
    Menurut Sutopo (2007:6) Dalam pengembangan web, terdapat beberapa model navigasi dasar, yang harus dikenal dengan baik oleh desainer, Karena setiap model navigasi dapat memberikan solusi untuk kebutuhan yang berbeda. 
Macam-macam struktur navigasi antara lain: 
1. Linear Navigation Model Sebagian besar website mempergunakan linear navigation model. Informasi diberikan secara sekuensial dimulai dari satu halaman.
                                        Gambar 1. Struktur Navigasi Linear navigation model
2. Hierarchical model Menurut Sutopo (2007:7) menerangkan bahwa “Hierarchical model diadaptasi oleh top-down design. Konsep navigasi ini dimulai dari satu node yang menjadi homepage. Dari homepage dapat dibuat beberapa cabang ke halaman-halaman utama”.
                                     Gambar             2. Struktur Navigasi Hierarchical Model
3. Spoke-and-hub model Dalam spoke-and-hub model hanya ada dua macam link yaitu dari homepage ke halaman tertentu dan dari halaman tertentu ke halaman homepage. Spoke-and-hub model hanya menggunakan satu node untuk menghubungkan satu node ke node yang lain.
                                        Gambar 3. Struktur Navigasi Spoke-and-Hub Model
4. Full Web Model Menurut Sutopo (2007:8) menerangkan bahwa “Full web model memberikan kemampuan hyperlink yang banyak. Full web model banyak digunakan karena user dapat mengakses semua topik dengan subtopik dengan cepat. Namun kelemahan dari model ini, yaitu dapat berakibat user kehilangan cara untuk kembali ke topik sebelumnya”.
                                             Gambar 4. Struktur Navigasi Full web Model
Fungsi Menu Navigasi
Fungsi Secara global
  • Unggah berkas (khusus pengguna terdaftar) ; digunakan untuk mengirimkan suatu berkas (biasanya gambar) ke server Wikipedia untuk dapat digunakan dalam suatu artikel.
  • Halaman istimewa; digunakan untuk mengakses fitur-fitur khusus di Wikipedia seperti daftar artikel terbaru, versi perangkat lunak, dll.
Fungsi spesifik 
  • Pranala balik; digunakan untuk melihat halaman lain yang memuat pranala ke suatu halaman yang sedang ditampilkan.
  • Perubahan terkait; digunakan untuk melihat log perubahan dari halaman-halaman yang terkait dengan suatu halaman.
  • Pranala permanen; karena sifat halaman dalam Wikipedia yang dinamis dan cepat sekali berubah, kadang Anda membutuhkan referensi ke suatu halaman pada suatu versi atau saat tertentu. Gunakan menu ini untuk mendapatkan alamat URL yang dapat Anda pakai sebagai referensi ke suatu versi halaman pada saat Anda membacanya.
  • Kutip halaman ini; gunakan ini untuk mendapatkan teks yang dapat Anda gunakan jika Anda mengutip isi suatu halaman di Wikipedia. Ini berguna jika Anda membuat tulisan yang biasanya harus menyertakan keterangan mengenai sumber tulisannya.
  • rss atom; digunakan pada halaman istimewa yang berupa daftar untuk mendapatkan daftar tersebut dalam bentuk RSS atau Atom.
  • Sumbangan pengguna; digunakan jika Anda sedang mengakses suatu halaman pengguna lain untuk melihat daftar suntingan yang dilakukan pengguna tersebut.
  • Kirimi pengguna ini milis; digunakan jika Anda sedang mengakses suatu halaman pengguna lain untuk mengirimkan milis ke pengguna tersebut.
  • Informasi halaman; digunakan untuk menampilkan informasi halaman yang bersangkutan.
  • Item di Wikidata; digunakan untuk menghubungkan data penyimpanan item.
Manfaat Menu Navigasi
Beberapa manfaat dari menu navigasi : 
  1. Mempercepat Untuk Mendapatkan Sitelink ; Dengan adanya menu navigasi maka blog/web semakin cepat mendapatkan sitelink karena sebagian dari beberapa sitelinknya berasal dari menu navigasi
  2. Dinilai Sebagai Web/Blog Profesional ; Mengapa dinilai sebagai profesional ? . karena kita telah menyusun rapih artikel artikel kita dan telah mengatur sekat antara post 1 dan post lainya serta kita telah mengatur web kita menjadi user friendly karena dengan mudah para visitor untuk menjelajahi blog kita dan dengan mudah mengunggah daya tarik pengunjung.
  3. Dinilai Baik dari Google ; Dinilai baik oleh google karena kita telah memanjakan visitor dan google tau itu . maka dari itu google akan menilai lebih pada blog kita, Dari semua itu tidak menutup kemungkinan juga blog/web yang tidak memiliki menu navigasi bisa lebih baik dari blog/web yang memiliki menu navigasi , karena itu semua tergantung kita me-manage blog/web kita / apakah blog/web kita telah ditata dengan baik atau tidak.

0 comments:

Post a Comment