Saturday 28 March 2015

Apa itu BISNIS AFILIASI....?


Bisnis Afiliasi

Manfaat internet dalam dunia usaha memang sungguh besar. Kehadiran dan perkembangan internet telah memberikan banyak manfaat di berbagai bidang kehidupan manusia. Arus informasi dan ilmu pengetahuan yang bebas diakses, membuat banyaknya daerah yang buta akan informasi perlahan-lahan menjadi mengerti. Maraknya bisnis online saat ini dengan hasil dan pendapatan yang lebih besar membuat banyak orang tergiur untuk menjadi seorang internet marketer. Bisnis internet merupakan fenomena yang banyak digemari orang yang sering menggunakan internet salah satunya yaitu Bisnis Afiliasi.

Apa itu bisnis afiliasi ?
Bisnis afiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual. Di Indonesia pengertian afiliasi memiliki kedekatan dengan pekerjaan seperti calo, broker, makelar atau perantara, karena menerapkan cara kerja yang sama. Namun yang membedakan adalah bisnis afiliasi bukanlah bisnis calo seperti itu melainkan menempatkan anda sebagai pemasar suatu produk.

Apa keuntungan dari Bisnis Afiliasi ?
  1. Bisnis afiliasi menjadi sangat mudah dilakukan. Setiap orang bisa melakukannya, tanpa harus menguasai ilmu arsitektur atau teknik bangunan.
  2. Pekerjaan ini sangat rendah resiko kerugian, karena Anda tidak memproduksi sebuah barang pun.
  3. Skill yang dibutuhkan dalam melakukan bisnis afiliasi hanyalah sosial media, blog, internet dan juga kemampuan komunikasi anda kepada konsumen. (1)

Apa saja macam-macam Bisnis Afiliasi ?
1.                  Pay Per Sales (PPS)
Pay Per Sales adalah jenis bisnis affiliasi tradisional dimana seorang affiliate, dalam hal ini adalah diri kita, akan mendapat komisi setiap kali produk atau layanan milik penyedia jasa affiliate terjual. Contoh program affiliasi yang termasuk dalam kategori ini adalah Amazon Associates (ebook panduan Amazon tersedia gratis di PanduanDasar.Com), Clickbank, dan PayDotCom.
2.                  Pay Per Lead (PPL)
Pay Per Lead adalah jenis bisnis affiliasi dimana seorang affiliate akan mendapat komisi setiap kali ia berhasil mereferensikan orang lain untuk bergabung dengan program atau layanan tertentu. Contoh yang paling gampang adalah program Paypal Wishlist yang diselenggarakan oleh Paypal beberapa waktu yang lalu.
3.                  Pay Per Action (PPA)
Pay Per Action (PPA) adalah jenis bisnis affiliasi dimana seorang affiliate akan mendapat komisi setiap kali ia berhasil mereferensikan orang lain untuk melakukan suatu kegiatan sesuai dengan yang disyaratkan oleh penyedia program affiliasi. ‘Kegiatan’ di sini biasanya bersifat spesifik dan memiliki parameter-parameter tertentu yang harus dipenuhi. Misalnya saja, mengisi survey, mengunduh software, dan sebagainya. Contoh program affiliasi jenis ini yang sedang naik daun adalah CPALead.  (2)

Apa contoh Bisnis Afiliasi ?
  1. JagoanHosting.com

Merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa hosting dan domain dari Indonesia. Di JagoanHosting.com selain melayani proses penyewaan hosting dan domain. Di sana juga menyediakan peluang bisnis online afiliasi. Cara kerjanya cukup mudah kita hanya bergabung dan mempromosikan domain dan hosting dari JagoanHosting.com ini. Misalkan ada orang yang menyewa domain maupun hosting melaui Perantara, maka perantara tersebut akan mendapatkan komisi sebesar 20 % dari penjualan.  

2.  Amazon.com (Toko Online Terbesar di Dunia)
Amazon.com merupakan sebuah toko online terbesar di dunia maya ini, dimana anda bisa membeli produk apa saja seperti hp, gadged, televisi, baju, sepatu, tas dan banyak lainnya. Bagi internet marketing, Amazon.com merupakan tujuan favorit bagi mereka untuk mendulang dolar. Karena di Amazon.com kita bisa memiliki sebuah toko online sendiri untuk memasarkan produk-produk Amazon tersebut. Di Amazon.com kita bisa diberikan kesempatan untuk bergabung menjadi Affiliater produk - produk yang di perdagangkan disana. Untuk masalah komisi yang diberikan kepada Afiliater sangatlah beragam, tergantung dari barang yang di perdagangkan. Untuk mata uang yang digunakan ialah Dollar Amerika jadi nantinya komisi yang di dapatkan akan masuk ke dalam Rekening Paypal. (bn/dari berbagai sumber). (3)



Sumber :


1 comments:

  1. Ngomong-ngomong tentang bisnis afiliasi memang selalu manarik, saya mengajak anda sebagai blogger untuk membangun afiliasi bersama layanan BebasBayar.
    Dengan sistem afiliasi bertingkat akan lebih mudah untuk mendapatkan penghasilan setiap hari, karena saya sudah lama mengikutinya dan mendapatkan hasilnya.
    100% free untuk daftar.
    Semoga anda berkenan berkunjung ke blog saya, rewardbebasbayar, untuk lihat detailnya.

    ReplyDelete