Thursday 26 March 2015

TOKO ONLINE




TOKO ONLINE


Perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin modern serta kian mudahnya akses internet di berbagai penjuru daerah, menjadikan pertumbuhan toko online di negara kita semakin hari kian melesat pesat. Berbagai macam produk maupun jasa bahkan mulai dipasarkan para pelaku usaha di ranah maya untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya.
Bila dulunya masyarakat Indonesia terbiasa dengan transaksi jual beli konvensional (bertatap muka secara langsung), belakangan ini masyarakat kita lebih tertarik dengan segala hal yang serba praktis sehingga tidak heran bila sebagian besar dari mereka lebih tertarik untuk melakukan transaksi pembelian via online. Fenomena seperti inilah yang kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha di Indonesia untuk bisa meraup untung besar dengan cara membuat toko online.

Apa itu Toko Online...? 

Yang dimaksud dengan toko online adalah media, sarana, ataupun tempat dimana kita bisa menjual produk maupun jasa dan pembeli dapat memesan produk atau jasa tersebut melalui komputer PC ataupun melalui produk gadget lainnya yang terhubung dan terkoneksi dengan internet sehingga terjadi transaksi jual-beli tanpa harus bertemu langsung dengan calon konsumennya.


  Dari segi bahasa, toko online berasal dari dua suku kata, Toko dan Online. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, toko berarti sebuah tempat atau bangunan permanen untuk menjual barang-barang (makanan, minuman, dan sebagainya). 
Sedangkan Online yang terjemahan bahasa indonesianya adalah dalam jaringan atau disingkat daring, menurut Wikipedia adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar. Jadi berangkat dari dua pengertian secara bahasa tersebut kita dapat mengartikan toko online sebagai tempat terjadinya aktifitas perdagangan atau jual beli barang yang terhubung ke dalam suatu jaringan dalam hal ini jaringan internet.
Biasanya, para pelaku bisnis toko online memanfaatkan halaman website ataupun blog sebagai kios toko untuk memajang produk dagangan yang mereka tawarkan. Meskipun pembeli dan calon konsumennya tidak bertatap muka secara langsung, namun calon konsumen bisa memesan barang yang dipasarkan pemilik toko online melalui sms, telepon, BlackBerry Messenger (BBM), email, atau memanfaatkan shopping cart (keranjang belanja) yang ada di situs toko online tersebut.
Sedangkan untuk sistem pembayaran, bisa dilakukan calon konsumen melalui paypalataupun transfer ke rekening bank yang dicantumkan para pemilik toko online. Apabila transaksi pembayaran sudah berhasil dilakukan calon konsumen, selanjutnya barang yang dipesan akan dikirim ke alamat konsumen menggunakan jasa ekspedisi yang sudah disepakati kedua belah pihak (konsumen dan pemilik toko online).
Toko online memudahkan pembeli dalam segi efesiensi waktu. Tanpa harus keluar rumah seorang bisa mendapatkan barang yang dicarinya dengan membeli secara online. Yang perlu dilakukan hanyalah koneksi internet. Dengan komputer atau smartphone di tangan Anda, Anda bisa membuka sebuah toko online yang menjual barang yang Anda cari. Dengan membaca keterangan yang tertera dalam toko online tersebut akan dengan mudah Anda bertransaksi. Proses pembayaran biasanya menggunakan transfer antar bank atau kartu kredit. Kemudian setelah pembayaran selesai dilakukan barang yang Anda beli akan segera dikirimkan ke tempat Anda.
Namun, di samping keunggulan karena kepraktisannya tersebut, toko online juga menyimpan kekurangan. Dan kebanyakan kekurangan dilimpahkan kepada pihak pembeli. Dalam transaksi jual beli online pembeli tidak bisa melihat langsung barang yang akan dibelinya. Ditambah lagi setelah melakukan pembayaran barang yang dibeli tidak bisa langsung diterima oleh pembeli, pembeli harus menunggu untuk beberapa waktu karena barang yang dibelinya harus melewati proses pengiriman.
Jadi kesimpulannya pengertian toko online adalah sebuah toko yang menjual sebuah produk yang direalisasikan dalam tampilan sebuah website. Bangunan toko disamakan sebuah website. Tatap muka antara penjual dan pembeli disamakan dengan transaksi via texting atau melalui sarana smatphone atau Handphone. Jadi pada intinya toko online tercipta karna kebutuhan manusia akan kepraktisan dalam jual beli.
Macam-macam dari toko online
Dalam bisnis online atau e-commerce banyak dijumpai berbagai macam situs toko online (online shop) yang menawarkan produk-produk (barang/jasa) kepada para pembeli. Toko online tersebut ada yang berasal dari luar negeri dan telah memiliki usaha berskala internasional misalnya Ebay. Corn dan Amazon.com. Namun ada pula yang berasal dari dalamn negeri seperti Kaskus.co.id, Tokobagus.com, Berniaga.com, Grameclia Online, Tokopedia.com, dan-iain-lain.
Bagaimana cara membuat Toko Online ?
Untuk membuat toko online, sekarang ini para pemula maupun pelaku usaha tak perlu susah-susah mengeluarkan biaya mahal guna membuka lapak dagang di dunia maya. Anda bisa memanfaatkan beberapa marketplace seperti misalnya bisnisUKM.com yang memberikan kemudahan cara membuat toko online bagi para pemula maupun pelaku usaha.

Sumber :
http://probisnis.net/pengertian-toko-online/

0 comments:

Post a Comment